Minggu, 06 Mei 2018

Kesan Pertama Punya Akun Wattpad




Sebenarnya udah dari tahun 2015, aku punya akun wattpad. Tapi baru dua tahun terakhir, aktif dan publish cerita disana.

Jujur aja, alasan aku buat akun wattpad itu murni untuk baca cerita doang. Gak ada kepikiran buat nulis cerita disana. Semuanya berawal dari hobi aku yang suka baca fanfiction. Jadi waktu itu pas lagi asyik-asyik searching terus tiba-tiba nemu sebuah fanfiction diwattpad. Coba-coba buka wattpad dari pc dan baca ff itu. Kebetulan tu ff keren banget meski pake bahasa inggris. Berhubung aku gak ada akun wattpad, aku jadi iseng-iseng buat akun disana khusus buat baca ff yang keren tadi (aku lupa nama ff-nya. Soalnya pake bahasa inggris. Cast-nya Red Velvet sama Winner).

Bulan November 2015 pertama kali buat akun diwattpad.

Habis baca ff tadi, aku sempet gak buka-buka akun wattpad selama 1 tahun (kasian tu akun dianggurin). Dulu wattpad gak sebooming sekarang. Jadi aku sempet lupa kalau aku pernah punya akun wattpad. Jiaaaah...

Terus pas tahun 2016, lupa tepatnya tanggal dan bulan berapa, aku coba-coba buka wattpad lagi (waktu itu kuota lagi banyak, terus bingung mau browsing apaan, jadinya buka wattpad). Aku baca beberapa cerita disana, mulai dari ff, teenlit, sama chicklit. Rata-rata ceritanya bagus banget. Tiba-tiba aku punya keinginan untuk nulis cerita disana.

Setelah membaca bissmillah dan tarik napas dalam-dalam, aku coba nulis sebuah ff yang terinspirasi dari lagu 'We don't Talk Anymore' dari Charlie Puth. Aku pake cast Jungkook BTS sama Yeri Red Velvet (sumpah itu aku random banget milih cast-nya, aku waktu itu bukan fans couple JungRi, cuma suka aja ngeliat moment mereka #nahloh. Karna tema ff-nya anak sekolahan, jadi aku pilih mereka sebagai cast).

Aku inget banget waktu itu. Habis ngeklik kata 'publish' diwattpadku, aku langsung ketawa ngakak. Kenapa? Karna aku nulis ff itu cuma iseng-iseng doang dan aku bakalan nebak gak bakalan banyak yang baca, soalnya itu cerita cuma 1 chapter doang (oneshoot).

Waktu itu akunku masih 0 followers pemirsa~ Miris banget kan? Udah gitu berani publish cerita lagi :')

Sehari, dua hari, tiga hari, gak ada yang komen atau vote itu ff. Boro-boro komen/vote, yang baca aja gak ada wkwk.

Sampe akhirnya tuh ff terlupakan...

Beberapa minggu kemudian, aku dapet notif diemailku kalau ada orang yang komen ff-ku diwattpad. Sumpah, aku syok banget! Terus aku buka lagi akun wattpadku.

Sebuah komen tertera disana.
"Buat lagi yang berseri thor~"

Meski komennya singkat, aku jadi gembira nan riang. Baru kali ini ada orang yang komen di ff aku. Terus pas lihat jumlah yang ngevote, aku tercengang pemirsa.

5 vote!
Sedikit tapi nyenengin :D

Terus orang yang komen ff-ku tadi ternyata follow aku. Jadilah aku punya 1 follower. HOREEE!

Sampai akhirnya aku punya niat buat ff lagi, tapi kali ini yang berseri alias punya chapter banyak. Aku nulis lagi, publish lagi, nulis lagi, publish lagi.

Dan alhamdulillah sekarang udah 5 ff yang aku publish (terhitung mei 2018). Dua ff udah completed, Tiga ff masih ongoing. Dan followers aku udah 72 :D

Sebenarnya tantangan nulis diakun wattpad itu cuma satu : KITA GAK BOLEH NYERAH. Kenapa aku bilang gitu? Karena cerita yang kita publish terkadang gak terlalu banyak yang baca dan vote. Terkadang kita suka patah semangat kalau ngeliat votenya dikit doang. Tapi jangan pernah berhenti nulis disana, karena yakin aja, suatu saat nanti cerita kita bakalan banyak yang baca dan vote tapi hal itu memerlukan waktu yang lama. Asal kita mau sabar aja, pasti cerita kita bakalan jadi populer kok :') aku pernah ngerasain soalnya.

Kalau kalian punya akun wattpad, silahkan follow akun aku : @renandaputri93.
DM aja, ntar aku follback❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar