Minggu, 13 Desember 2015

Ciye...ciye... dijodohin...ciye...


Dari anak TK sampe anak kuliahan pasti udah tahu sama fenomena ‘Dijodoh-jodohin’. Ada yang jadi tersangka dan ada yang jadi korban. Buat yang jadi tersangka, mereka pasti merasa senang bukan main saat mengolok-olok si korban. Didalam hati mereka ada bunga-bunga yang bermerkaran kayak orang yang lagi jatuh cinta. Sedangkan si korban mengalami dua kemungkinan :
1) Merasa senang karena emang suka sama yang dijodohin sama dia.
2) Merasa bete abis sampe pengen gigit kaos kaki karena kagak suka sama yang dijodohin sama dia.

Aku yakin setiap orang yang ngerasain bangku sekolah pasti udah pernah ketemu sama fenomena kayak beginian. Bisa jadi tersangka bisa jadi korban.
Termasuk aku.

Sialnya, dari zaman masih ingusan alias SD sampe bangku kuliah, aku selalu jadi korban dijodoh-jodohin. Kalo ada kontes dijodoh-jodohin, aku bakalan dapat juara 1. Mungkin karena aku orangnya introvert, jadi teman-temanku suka godain aku dan menjodoh-jodohkan aku dengan cowok yang dipilih mereka secara ‘random’.

Tapi kalo ngomongin random, gak bener juga sih. Sebenarnya selalu ada alasan dibalik dijodoh-jodohin yang terjadi denganku. Alasan yang SADIS dan TIDAK MASUK AKAL yang diciptakan oleh teman-temanku yang berwajah SOK POLOS -_-

Waktu SD, aku pernah dijodohin sama cowok yang beda kelas. Disuatu pagi yang cerah, tiba-tiba aja teman-temanku dari kelas sebelah pada nyorakin “Ciye...ciye...nanda ada yang suka.” Keningku langsung berkerut 100 kali lipat dari biasanya. Karena waktu itu aku masih anak-anak dan gak tahu apa yang namanya ‘suka-sukaan’ jadi aku gak peduliin dan whateverlah mereka mau bilang apa. But, beberapa hari kemudian, si-cowok-yang-dijodohin-sama-aku-yang-polos-ini lewat didepanku dan dia...SENYUM pemirsaaahhh.... Sebenarnya aku kaget, tapi waktu itu aku pasang wajah DATAR aja alias poker face alias bitch face. Alhasil tuh cowok gak berani lewat depanku lagi dan teman-temannya gak pernah berani buat ngolok-ngolok lagi.


Setelah SD, fenomena dijodoh-jodohin itu kembali terulang lagi dibangku SMP. Kalo ini sih aku seneng jadi korban karena aku memang suka ama tuh cowok #LOL. Gosip dijodoh-jodohin itu berasal dari mulut teman-temanku. Yaah aku kira itu cowok ngerasa terganggu but dia fine-fine aja. Bahkan aku sama cowok itu sempat dekat tapi pada akhirnya kami berjauhan karena ada sesuatu yang gak mengenakkan terjadi diantara kami (Diskip aja deh ya)

Lanjut!

Saat SMA, waah ini ceritanya lebih parah lagi. Kalo dulu aku cuma mengalami ajang ‘perjodohan’ selama 1 tahun aja tapi di SMA aku harus mengalami jodoh-menjodohkan itu selama hampir 3 tahun alias dari kelas 1 sampe lulus sekolah. It’s weird, isn’t? Aku sama cowok yang dijodohin sama aku itu tidak punya perasaan apa-apa satu sama lain (sepengetahuanku) Tapi teman-temanku sama teman-teman dia selalu ngegodain kami bahkan sampe kami udah lulus SMA. Untung aja pas kuliah, aku, cowok itu dan teman-teman kami gak satu kampus, kalo gak pasti jodoh-menjodohkan itu berlangsung sampe sekarang.

Saat kuliah, aku juga sempat dijodoh-jodohkan sama salah satu teman sekelasku. Yaa aku tahu tu cowok punya rasa sama aku dan dia sempat melancarkan aksi PDKTnya ke aku. But, aku gak punya perasaan apa-apa dan hanya anggap dia temen aja. Lainpula cerita waktu PPL. Siswa-siswa yang aku ajar ngejodohin aku sama salah satu teman PPLku (padahal aku sama teman PPLku itu gak terlalu AKRAB) Anak-anak sekarang udah berani ngejodohin gurunya -_-

Yah begitulah cerita jodoh-menjodohkan yang menimpaku selama ini. Aku selalu menjadi korban. Sebenarnya gak terlalu masalah sih buat aku, aku biasa-biasa aja, tapi aku juga ngerasa terganggu juga apalagi saat teman-temanku yang gak tahu waktu, tempat dan kondisi selalu goda-godain. Pernah suatu waktu, teman-temanku ngegodain aku pas jam pelajaran. Untung aja guru kami gak marah, bahkan salah satu guru kami ikut ngegodain aku -_-

Dari semuanya, sama sekali gak pernah sampe jadian. Boro-boro jadian, deket aja gak. Contohnya waktu pas SMA #LOL. Aku yang introvert ngerasa gak nyaman saat anak-anak kelas lain jadi merhatiin aku gara-gara gosip jodoh-menjodohkan itu. Walhasil aku jadi pusat perhatian dan aku gak suka. Bahkan pernah suatu waktu, aku sampe gak mau ke kantin karena takut ketemu sama cowok yang dijodohin sama aku + teman-temannya yang jahil.

Jadi korban jodoh-menjodohkan itu bener-bener gak nyaman kecuali kalo kamu sama dia saling suka. Jodoh-menjodohkan bisa jadi peluang buat kamu untuk PDKT ma orang yang dijodoh-jodohin sama kamu. Tapi lain cerita kalo kamu sama dia gak saling suka. Jodoh-menjodohkan bisa jadi NERAKA yang harus kamu lalui tiap hari. Apalagi kamu harus menanggung resiko dijauhi sama gebetan karena gebetan nyangka kamu suka sama orang yang dijodohin ke kamu. Pasti hati jadi teriris-iris kayak sembilu. Tapi dibawa have fun aja! Karena meski merasa gak nyaman, ajang jodoh-menjodohkan bisa jadi hiburan ditengah-tengah jenuhnya belajar disekolah (pelarian kali ah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar