Minggu, 13 Desember 2015

Skripsweet atau Skripshit?


Saya Bersama Skripsi Kesayangan

Menulis skripsi adalah hal wajib dan harus dilalui mahasiswa buat lulus kuliah. Bayangin aja, selama kamu kuliah dan berusaha mati-matian mendapatkan nilai bagus, eehh penentu kelulusannya bukan nilai, tapi skripsi #WatDeHell. Aku udah mengalami masa-masa menulis skripsi dari bulan januari 2015 sampe akhirnya selesai pada bulan November 2015. Hampir satu tahun berurusan dengan skripsi dan itu membuatku jenuh setengah mati.

Pernah dengar istilah Skripsweet atau skripshit?

Skripsweet adalah istilah yang dipake kalo kamu ngerasa buat skripsi itu menyenangkan. Selama kamu menulis skripsi, kamu ngerasa fine-fine aja bahkan merasa bahagia. Skripsi itu bagai biskuit buat kamu, enak dan gurih.

Skripshit adalah istilah yang dipake kalo kamu ngerasa buat skripsi itu kayak lagu Meggy Z “Jatuh bangun aku mengejarmu~~” Kamu ngerasa apes pes pes, BT, Bosan, Risau, Galau dan berbagai perasaan lainnya selama kamu ‘berpacaran’ dengan skripsi.

Buat aku sendiri, istilah yang cocok buat skripsiku mungkin skripshit kali ya. Lebih banyak gak enaknya daripada enaknya.

Pertama kali nulis skripsi itu biasa-biasa aja. Aku dapet pembimbing yang ‘welcome’ banget dan enak buat diajak konsul. Cuma satu aja halangannya pada saat itu. Aku kurang dapat referensi buat skripsiku. Skripsiku berhubungan dengan metakognisi dan hanya sedikit buku berbahasa Indonesia yang mengupas tentang metakognisi. Sebenarnya diinternet banyak sumber tentang metakognisi, tapi buatku rasanya gak afdol kalo comot dari internet.

Bulan April 2015, akhirnya aku diizinkan buat seminar desain penelitian. Waktu itu Kaprodi ngasi dosen yang agak ‘killer’ buat jadi dosen pembahasku. Bayangkan, dosen pembahasku adalah dosen yang paling aku ‘keselin’. Selama aku diajar mereka aku selalu dapat D pemirsaaahh, D! Padahal aku rajin masuk dan nilai UTSku juga gak terlalu rendah (meski nilai UAS agak ancur lebur T_T) Sumpah waktu seminar, aku merasa keringat dingin, tangan gemetaran, kaki gak berhenti ngetuk-ngetuk lantai dan tangan yang gak berhenti mainin pulpen. Pokoknya aku gugup abis saat itu.

Tapi ternyata mereka (dosen pembimbing + pembahas) kasih aku nilai B untuk seminar. Aku gak berhenti mengucapkan ‘alhamdulillah’ Ada rasa senang yang membuncah dari dalam hati.

But, rasa senangku akhirnya berakhir sebulan kemudian.

Menurutku kesusahan sebelum seminar itu belum ada apa-apanya dibandingan kesusahan setelah seminar. Setelah seminar, kita harus terjun ke lapangan buat penelitian dan mengambil data. Terus setelah itu baru buat Bab 4 dan bab 5.

Saat pengerjaan bab 4 dan bab 5 itulah aku ngerasa ‘JATUH BANGUN AKU MENGEJARMU~~” Malapetaka pertama dimulai saat dosen pembimbing pertama sibuk dan gak punya waktu buat merevisi skripsiku. Dosenku termasuk dosen penting dikampus, beliau sering rapat, jadi moderator dan berbagai kesibukan lainnya. Apalagi saat aku ngerjain bab 4 dan bab 5 adalah waktu semester ganjil dimulai. Dosen-dosen pada sibuk buat daftar mahasiswa baru. Alhasil skripsiku terbengkalai dimeja dosen selama 2 minggu. Setelah bolak-balik ke kampus dan ketemu dosen buat nagih ‘revisi’ akhirnya skripsiku direvisi juga sama dosen dan beliau nyuruh aku buat lanjut revisi ke dosen pembimbing kedua.

Well, malapetaka kedua pun dimulai.

Dosen pembimbing kedua TIDAK SETUJU dengan instrument penelitianku. Padahal instrument itu udah divalidasi dan udah dipake buat penelitian. Beliau bilang kalo instrument penelitianku agak kurang cocok buat penelitianku. Waktu itu badanku langsung lemas. Bayangan bakal penelitian lagi buat kepalaku pusing. Gila! Kalo disuruh penelitian lagi aku angkat tangan deh! Rugi waktu dan rugi uang! Saat penelitian kita harus mengeluarkan duit banyak buat ngeprint/fotocopy soal-soal yang akan diberikan pada siswa. Bayangin aja kalo penelitian lagi, mau gak mau aku harus ngeluarin duit lagi buat itu semua.


Tapi untung aja dosen pembimbing keduaku itu gak nyuruh penelitian lagi. Beliau cuma nyuruh revisi sedikit instrument penelitiannya dan bab 4 khususnya pada pembahasan harus DIROMBAK TOTAL. Itu artinya pembahasan bab 4 yang udah aku buat selama ini gak dipake dan harus buat pembahasan yang baru lagi. ASTAGANAGA!

Dengan sistem kebut semalam dan waktu tidur hanya 5 jam per hari, akhirnya aku bisa menyelesaikan bab 4 dan bab 5 dalam kurun waktu 3 hari. Bisa ditebak, mataku saat itu persis kayak mata panda, cekung dan hitam. Mamaku aja sempet khawatir. Tapi aku bilang “I’m fine mom, it’s okay” dengan gaya sok yang pengen buat orang muntah seember.

Akhirnya bulan Oktober aku dapat tanda tangan dari dosen pembimbing dan tanggal 26 Oktober 2015 aku sidang.

Mau tahu aku sidang berapa lama?

2 JAM!


Kalo ada rekor muri mungkin aku bakalan dapat penghargaan sebagai ‘Mahasiswa dengan SIDANG paling Terlama tahun 2015’ Selama sidang, aku dijejali dengan berpuluh-puluh pertanyaan. Ada pertanyaan yang bisa aku jawab dan ada yang enggak. Saat aku gak bisa jawab pertanyaan, yang aku lakukan adalah pura-pura sibuk bolak-balik kertas skripsi padahal dalam hati aku berkata “watdepak! Apa nih jawabannya! Oh shit! Oh damn!” berbagai sumpah serapah memenuhi otakku yang lagi kacau.

Pada akhirnya, mungkin karena dosen merasa gak tega dengan muka memelasku yang jelek abis, akhirnya mereka kasih nilai A untuk skripsiku.

A? A?


“Skripsi kamu ini susah, saya tahu.”
Salah satu dosen pengujiku mengaku kalo skripsiku itu susah buat anak-anak S1 kayak aku. Dosen aja bilang susah, apalagi mahasiswa? Emang sih judul skripsiku gak pernah dipake sama orang selama ini. Bisa dibilang, aku orang pertama yang berani ngambil judul kayak begitu. Padahal kalo dibandingkan sama teman-temanku yang lain, mereka rata-rata pada ngambil ‘aman’ dengan membuat judul skripsi yang udah familiar alias udah mainstream.

Dengan mempertimbangkan usaha dan kerja kerasku selama ini, mungkin karena alasan itulah dosen-dosenku kasih nilai A. Aku bener-bener merasa terharu saat itu. Ternyata dosen-dosenku perhatian dan mereka ngerti dengan usahaku selama ini. Makasih ya pak! Semoga bapak-bapak sekalian masuk surga ya~ Amin.

Yaa begitulah kisahku selama ngerjain skripsi. Skripshit yang bener-bener menguras tenaga dan waktu akhirnya membuahkan hasil yang manis. Gak sia-sia aku menulis skripsi selama ini. Apalagi dengan nilai A membuat aku merasa sangat bahagia #LOL.

Buat teman-teman yang lagi menulis skripsi dan ngerasa pengen menyerah, ingatlah! Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Kalo kamu menyerah dan menunda-nunda, mau sampai kapan skripsi kamu terbengkalai? Mau gak mau nantinya kamu juga bakalan menghadapi skripsi dan sidang. Tetap kerjakan skripsi kamu walaupun kamu udah ngerasa jenuh setengah mati. Karena hasilnya pasti bakalan memuaskan.

NB : Dosen diam-diam juga mengetahui kerja keras kita loh. Kerja keras kamu jadi nilai tambah saat sidang nanti! So, jangan putus asa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar